Cara Menyimpan File Microsoft Office dengan Password

Cara Menyimpan File Microsoft Office dengan Password

Cara Menyimpan File Microsoft Office dengan Password - Perlukah kita menyimpan file Microsoft Office dengan Password? Berbicara tentang perlu atau tidak perlunya sebuah file Microsoft Office diberikan password, maka hal ini tergantung oleh file yang ingin kita simpan.



Dalam hal ini, file yang ingin kita simpan tentu saja mengandung sebuah informasi, dan informasi tersebut tentunya ada yang boleh diketahui oleh umum dan ada yang bersifat privasi.
File yang bersifat privasi itu misalnya kita bekerja di sebuah perusahaan, lalu disana kita mengolah data-data perusahaan, dalam hal ini data-data yang kita olah itu tentu saja ada yang sifatnya rahasia perusahaan
Jika file-file perusahaan yang bersifat privasi itu tidak diberikan password tentu saja bisa berbahaya karena jika file-file tersebut diketahui oleh orang yang tidak berkepentingan seperti kompetitor dari perusahaan maka tentu saja dapat merugikan perusahaan, Hal ini kelihatannya sepele namun bisa berdampak sangat buruk bagi kita,
Dalam kehidupan ini sering kali orang mengabaikan hal-hal penting seperti itu, sebagian orang ada yang malas untuk memberikan password karena merasa ribet atau takut lupa password.
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa yang namanya keamanan itu selalu berbanding terbalik dengan kenyamanan, sering kali orang mengabaikan kesengsaraan jangka panjang dan mempedulikan kesengsaraan jangka pendek, sehingga ketika masalah itu terjadi barulah orang merasa menyesal
Contoh lain misalnya kita takut lupa password akun atau rekening yang kita punya, pada zaman sekarang ini teknologi berkembang begitu pesat, dalam hal ini tentu gaya hidup orang sudah mulai berubah, tanpa kita sadari kita sudah memiliki begitu banyak akun dan rekening seperti atm, internet banking, sms banking, akun email, facebook, twitter dan lain-lain
Dalam hal ini demi keamanan, kita tentunya memiliki password yang berbeda untuk setiap akun yang kita miliki, namun bagi sebagian orang ada yang merasa kesulitan dalam menghafal banyak password sehingga ada yang menyimpan password untuk semua akun dan rekening yang dia punya dalam sebuah file microsoft word atau microsoft excel.
Hal ini tentu sangat berbahaya jika ada orang yang mengetahui tentang file tersebut, untuk itu sebaiknya sobat hafal saja, namun jika sobat tetap merasa khawatir lupa password dan tetap berkeinginan untuk menyimpan password untuk semua akun sobat dalam sebuah file microsoft word maka sebaiknya sobat memberikan password terhadap file tersebut
Dengan begitu tentu sobat tidak khawatir lagi, namun usahakan nama file tersebut tidak berhubungan dengan kata password, sehingga orang tidak tahu isi file tersebut adalah password untuk semua akun yang sobat miliki
Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan mengajarkan kepada sobat cara menyimpan file pada Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint
Jadi pada dasarnya cara memberikan password pada sebuah file itu sama, baik itu untuk Microsoft Word, Microsoft Excel maupun Microsoft PowerPoint, adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut

1. Lakukan Save As

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah klik Icon Office > Save as atau cara cepatnya bisa dilakukan dengan menekan F12, Setelah muncul tampilan Save As, maka langkah selanjutnya klik Tool yang terletak di bagian bawah lalu pilih General Options, seperti pada gambar dibawah ini
cara, menyimpan, file

2. Masukkan Password yang sobat Inginkan

Kemudian langkah selanjutnya adalah masukkan password yang sobat inginkan pada kolom password to open dan password to modify, kolom password to open digunakan untuk membuka file sedangkan kolom password to modify digunakan untuk mengedit,
Jika sobat isi password yang sama untuk kedua kolom juga gak masalah, setelah sobat isi passwordnya lalu klik Ok, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini
microsoft, word, excel

3. Ulangi Masukkan Password to Open

Langkah selanjutnya adalah mengulangi memasukkan password pada kolom password to open, password ini digunakan untuk membuka file nantinya, setelah sobat selesai mengisi kolom password tersebut, lalu klik tombol OK, seperti pada gambar dibawah ini
password, cara

4. Ulangi Masukkan Password to Modify

Langkah selanjutnya adalah mengulangi memasukkan password pada kolom password to modify, password ini digunakan untuk mengedit file nantinya, setelah sobat selesai mengisi kolom password tersebut, lalu klik tombol OK, seperti pada gambar dibawah ini
file, tutorial, password

5. Klik Save

Setelah sobat klik ok pada tampilan atau window dari general option maka tampilan dari general option akan tertutup secara otomatis dan sobat diarahkan kembali ke tampilan Menu Save As, untuk itu langkah selanjutnya yang perlu sobat lakukan adalah klik Save, seperti pada gambar dibawah ini
file, password, microsoft, word, excel
Selanjutnya coba sobat tutup filenya, lalu kemudian dibuka lagi, nanti akan muncul kolom pengisian password agar filenya bisa terbuka, silahkan sobat masukkan password yang telah sobat tentukan sebelumnya pada menu save as, setelah itu klik OK, seperti pada gambar dibawah ini
cara, menyimpan, file, microsoft, word, excel, password
Setelah sobat memasukkan password pada kolom password to open maka selanjutnya sobat akan diminta lagi memasukkan password pada kolom password to modify, password ini digunakan untuk mengedit file, silahkan sobat masukkan password yang telah sobat tentukan sebelumnya pada menu save as, setelah itu klik OK, seperti pada gambar dibawah ini
cara, password, file, ms, word
Setelah sobat selesai memasukkan passwordnya, maka filenya akan bisa terbuka seperti pada gambar dibawah ini
cara, menyimpan, file, microsoft, word, excel
Untuk Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint caranya sama, sobat bisa memberi password pada file microsoft excel dan microsoft powerpoint dengan mengikuti langkah-langkah diatas

Demikian posting kali ini mengenai "Cara Menyimpan File Microsoft Office dengan Password". Semoga bermanfaat dan selamat mencoba
Previous
Next Post »