Cara Penggunaan Worksheet pada Microsoft Excel - Pada tutorial kali ini kami akan membahas tentang cara penggunaan worksheet pada microsoft excel, jadi worksheet itu adalah lembar kerja, salah satu fungsi worksheet adalah untuk membuat data menjadi terstruktur dengan baik
dalam satu file Microsoft Excel kita
bisa membuat beberapa worksheet, pada saat pertama kali kita membuat
file baru pada Microsoft Excel, kita sudah langsung diberikan 3 buah
worksheet dengan nama default yaitu sheet 1, sheet 2, sheet 3, nama
worksheet ini bisa dirubah sesuai dengan nama yang kita inginkan
untuk lebih jelasnya kami akan langsung
mengajarkan cara penggunaan workshet pada Microsoft Excel, kali ini kami
menggunakan contoh tabel rumus bangun datar, dalam kasus ini kita akan
membuat beberapa tabel dalam 1 file, tabel-tabel tersebut akan kita
pisahkan dengan worksheet, adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai
berikut :
1. Cara merubah nama worksheet
Pada gambar diatas kami memberi
lingkaran merah untuk masing-masing sheet yang ada, dari gambar diatas
terlihat tabel luas & keliling persegi panjang terletak pada sheet
1, langkah selanjunya kita perlu merubah nama sheet 1 itu dengan persegi
panjang, caranya bisa dilakukan dengan klik kanan pada sheet 1 lalu
klik rename, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini
Selanjutnya kita tinggal merubah nama
sheet 1 tersebut dengan Persegi Panjang, untuk lebih jelasnya perhatikan
gambar dibawah ini
2. Cara mengolah data pada Sheet 2 dan ganti nama Sheetnya
Langkah selanjutnya yang perlu sobat
lakukan adalah buka sheet 2 dengan cara mengklik tombol sheet 2
tersebut, setelah sheet 2 terbuka sobat perlu mengganti nama sheetnya,
untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini
Setelah nama sheet 2 dirubah maka
langkah selanjutnya buat data yang sobat inginkan, pada contoh ini kami
membuat tabel luas segitiga, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar
dibawah ini
Setelah itu langkah selanjutnya kita
merubah nama sheet 3 dan membuat data yang kita inginkan, caranya sama
dengan yang kita lakukan pada sheet 2, pada contoh ini kami membuat
tabel luas persegi dengan nama sheet persegi, hasilnya bisa dilihat pada
gambar dibawah ini
3. Cara Menambah Worksheet
Seperti yang kami jelaskan sebelumnya
bahwa pada Microsoft Excel kita bisa membuat banyak worksheet, untuk
menambah worksheet caranya bisa dilakukan dengan klik icon insert
worksheet, pada gambar dibawah ini kami mensobati icon tersebut dengan
lingkaran merah
Setelah sobat klik icon tersebut akan terbentuk sheet yang baru, untuk lebih jelasnya coba sobat perhatikan
langkah selanjutnya kita bisa mengubah nama sheet dan membuat data yang
kita inginkan pada sheet tersebut, pada contoh ini kami membuat tabel
luas layang-layang pada sheet tersebut, untuk lebih jelasnya coba sobat
perhatikan gambar dibawah ini
Seperti yang sobat perhatikan, dengan
menggunakan worksheet data menjadi terstruktur dengan baik, tabel luas
persegi panjang, segitiga, persegi dan layang-layang kita buat dalam
satu file bangun datar, hal ini tentu saja memudahkan kita dalam membaca
file tersebut Sesobatinya sobat membuat data tersebut dengan banyak file,
hal itu tentu saja membuat sobat kesulitan, dalam hal ini sobat perlu
membuka file tersebut satu persatu, untuk itu jika sobat mengolah banyak data
dengan satu kategori maka sobat perlu membuatnya dalam satu file dan
memisahkan masing-masing tabelnya dengan worksheet
Demikian posting kali ini mengenai "Cara Penggunaan Worksheet pada Microsoft Excel". Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
EmoticonEmoticon