Mengenal Database dalam Microsoft Access 2007

Mengenal Database dalam Microsoft Access 2007

Tutorial dan Panduang Lengkap Microsoft Office Access Mengenal Database dalam Microsoft Access 2007 - Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan bisa lepas dari data. Misalnya saja data tentang pegawai, nilai, harga makanan, jumlah saldo tabungan, dan lain-lain.

Agar data menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi orang yang membacanya, maka data harus diorganisasikan dan diolah dalam suatu file database. Untuk pengorganisasian dan pengolahan data dengan computer dibutuhkan suatu Sistem Manajemen Data Base (DBMS).

Dengan DBMS, kita dapat menambah, mengubah, menghapus, dan mengurutkan data sesuai dengan urutan yang sesuai dengan yang diinginkan serta membuat laporan bagi data tersebut.

Database atau biasa dikenal dengan sebutan basis data adalah kumpulan data yang berhubungan dengan suatu objek, topik, atau tujuan khusus tertentu. Contoh database antara lain: buku telepon, buku kamus, katalog buku di perpustakaan, data penyewa di toko rental, dan lain-lain.

Didalam mengolah database, Access 2007 memiliki sarana atau objek yang dapat mempermudah dalam membangun sebuah database. Objek-objek tersebut antara lain :
tutorial dan Panduang Lengkap Microsoft Office Access
Ada beberapa istilah yang harus diketahui pada saat bekerja dalam Access 2007 yaitu: 

1. Table : sekumpulan data yang memiliki topik tertentu. Tabel terdiri dari berbagai Field dan Record.
2. Field : tempat atau di mana data atau informasi dalam kelompok yang sama atau sejenis dimasukkan. Field umumnya tersimpan dalam bentuk kolom secara vertikal pada tabel.
3. Record : merupakan data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel.

Membuat Database Baru 

Untuk memulai membuat sebuah database baru ikuti langkah-langkah berikut :

1. Dibagian awal tampilan pilih Blank Database, tentukan nama database Sobat dan juga lokasi file-nya.
2. Klik tombol Create untuk membuat sebuah database atau tombol Cancel untuk membatalkan proses pembuatan file database.

Membuka File Database 

Untuk membuka file database dapat dilakukan dengan langkah berikut :

1. Klik Office Button pada pojok kiri atas, lalu klik Open.
2. Di dalam daftar folder, cari folder atau alamat tempat disimpannya file database yang akan digunakan.
3. Ketika sudah menemukan file database yang diinginkan, pilih salah satu langkah di bawah ini:

  • Double klik file database untuk membukanya. 
  • Pilih file database yang diinginkan lalu klik tombol Open untuk membukanya. 

Menutup File Database 

Untuk menutup database yang aktif kita bisa . Klik Office Button dan pilih Exit Access atau bisa juga dengan mengklik tombol perintah Close pada pojok kanan atas.

Baiklah selesai sudah penjelasan diatas mengenai penjelasan dan mengenai database dalam microsoft access 2007.

Demikian posting kali ini mengenai "Tutorial dan Panduang Lengkap Microsoft Office Access Mengenal Database dalam Microsoft Access 2007". Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »